Pekan ini, siswa-siswi kelas VI SD Islam Al Syukro tengah sibuk menjalani Pra UAS (Ujian Akhir Sekolah). Pelaksanaan ujian menjelang UAS yang sesungguhnya ini dilaksanakan mulai Senin (11 April 2011) hingga Jum’at (15 April 2011). Adapun jumlah mata pelajaran yang diujikan mencapai 13 mata pelajaran, dengan soal-soal yang dibuat sendiri oleh para guru bidang studi masing-masing.

Jadwal Pra UAS (11 – 15 April 2011)

Hari/Tanggal

Senin, 11 April 2011
Selasa, 12 April 2011
Rabu, 13 April 2011
Kamis, 14 April 2011
Jum’at, 15 April 2011

Bidang Studi/Mata Pelajaran

Agama Islam, Bahasa Arab, dan KTK
IPA, Science, Penjaskes
IPS, PKn, dan TIK
Bahasa Indonesia, dan English
Matematika, dan Math

   Menurut Ibu Lailya Hasymy SPd selaku Guru Bahasa Inggris kelas VI SD Islam Al Syukro, pelaksanaan Pra UAS ini adalah untuk mempersiapkan anak-anak menjalani UAS yang sesungguhnya. “Khusus untuk Bahasa Inggris, soal yang saya buat berjumlah sebanyak 40 soal dimana 25 soal Pilihan Ganda, 10 soal Isian, dan 5 soal Essay. Adapun materi ujian Pra UAS ini adalah materi pelajaran kelas IV, V, dan VI,” tuturnya ketika ditemui di ruang guru.
  Kalau kemudian ada siswa yang memperoleh nilai yang kurang memuaskan, kata Ibu Hasymy, sebagai guru bidang studi dirinya akan memanggil siswa tersebut dan akan melaksanakan pendalaman materi kembali kepada mereka yang nilainya dianggap masih kurang tersebut. “Tapi, insya Allah nilai ujian Pra UAS untuk Bahasa Inggris ini akan baik-baik saja semuanya, karena sebelumnya saya sudah membekali mereka dengan rangkuman pembahasan materi yang akan diujikan. Nah, bila hasil nilai mereka memuaskan, maka pada pelaksanaan UAS yang sesungguhnya yakni pada tanggal 18 – 23 April 2011 mendatang, insya Allah nilai mereka pun juga akan baik pula,” terangnya berharap optimis.
   Sementara itu, Bapak Kosaman SE selaku Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas VI SD Islam Al Syukro juga menyatakan hal yang senada. “Materi soal-soal PKn yang saya buat dan ajukan sesuai aturan yakni sudah bermuatan 70% dari soal-soal UAS yang sesungguhnya. Materinya mengambil dari pelajaran kelas IV (20%), kelas V (30%) dan materi kelas VI (50%),” ungkapnya.
   Materi soal-soal itu, menurut Pak Kosaman, antara lain mengenai ASEAN, Kerjasama Internasional, Organisasi, Keputusan Bersama, Lembaga-lembaga Tinggi Negara dan lainnya. (fdl)