Terhitung sejak Senin (18 April 2011) hingga Kamis (21 April 2011), siswa-siswi kelas VI SD Islam Al Syukro, berkonsentrasi penuh untuk menjalankan Ujian Akhir Sekolah (UAS).
Ada sebanyak 9 (Sembilan) mata pelajaran yang diujikan, mulai dari Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Matematika, IPS, IPA dan Bahasa Inggris. Sedangkan pada hari terakhir (Kamis, 21 April 2011) dilaksanakan UAS untuk tiga mata pelajaran sekaligus yakni Agama Islam, Bahasa Arab, dan mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer (TIK).



Jadwal UAS SD Islam Al Syukro
Pada Tanggal 18 – 21 April 2011


NO.   HARI/TANGGAL                      MATA PELAJARAN
1.      Senin, 18 April 2011              Bahasa Indonesia, PKn
2.      Selasa, 19 April 2011            Matematika, IPS
3.      Rabu, 20 April 2011              IPA, Bahasa Inggris
4.      Kamis, 21 April 2011             Agama, Bahasa Arab, TIK
5.      Jum’at, 22 April 2011            Hari Libur Nasional


    Pelaksanaan UAS ini terselenggara dengan seksama dan lancar, karena kepanitiaan begitu rapi tersusun, dengan adanya ruang khusus untuk panitia dan ruang korektor lembar jawaban siswa-siswi yang terpisah dari ruang guru.
    Sementara itu, menurut Arsya (siswa kelas VI C), untuk soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, secara umum tidak ada yang sulit. “Semuanya mudah dan saya bisa menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya. Kecuali mungkin pada soal terakhir, atau soal nomor 50 yang intinya mengurutkan gambar-gambar. Ini agak menyulitkan karena gambarnya saya anggap kurang jelas,” ujarnya.
    Hal ini dibenarkan oleh Kevin (siswa kelas VI C) yang juga menyebut bahwa soal nomor 50, cukup menyulitkan. “Kalau soal-soal yang lainnya, cukup mudah, apalagi yang menyangkut soal-soal mengenai Pantun,” tuturnya.
    Berbeda dengan Ruska (siswi kelas VI C) yang menyebut bahwa soal Bahasa Indonesia untuk materi sifat-sifat dan watak manusia cukup membuatnya kesulitan.
    “Karena, soalnya dibuat secara narasi, dimana kita harus membaca lebih dulu narasinya dengan cermat dan teliti, sebelum bisa menjawab pertanyaannya secara tepat,” katanya.
    Yang jelas, tak ada raut wajah yang muram dari siswa-siswi kelas VI SD Islam Al Syukro, saat menyelesaikan sebanyak 50 soal Pilihan Ganda untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Alhamdulillah. (fdl)