Ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Tangerang Selatan berjibaku menuntaskan Ujian Nasional (UN) tahun 2011 yang diselenggarakan pada Selasa (10 Mei) hingga Kamis (12 Mei). Pelaksanaan UN ini salah satunya termasuk yang dilaksanakan di SD Islam Al Syukro, Ciputat, Kota Tangsel.
    UN bagi siswa SD dan MI pada tahun 2011 ini adalah yang pertama kalinya, sebab pada tahun-tahun pelajaran sebelumnya tidak ada UN, melainkan hanya Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
    “Dan untuk menyelesaikan sekolahnya, para siswa SD, MI, dan SDLB mulai tahun pelajaran 2011 harus ikut dan lulus UN,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Bapak Drs H Mathodah S M.Si.
    UN bagi para siswa SD dan MI tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 2 Tahun 2011 tentang Ujian Sekolah dan Ujian Nasional SD, MI, dan SDLB. Sesuai dengan ketentuan tersebut, maka untuk menyelesaikan sekolah pada tingkat SD, MI, dan SDLB para siswa harus mengikuti dan lulus UN.
    Kemudian dalam ketentuan itu juga disebutkan UN bagi siswa SD meliputi tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
    Sementara untuk kelulusan, masing-masing siswa harus mendapatkan nilai akhir (NA) minimal 5,5 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.
    Nilai akhir itu sendiri diperoleh berdasarkan hasil gabungan penghitungan Nilai Sekolah (NS) yang meliputi Nilai Ujian Sekolah (UAS) ditambah nilai rapor semester VII hingga XI dan nilai UN. Untuk penghitungan nilai sekolah diberi bobot 40% dan nilai UN diberi bobot 60%.
    “Jadi jika berdasarkan hasil penghitungan gabungan dari nilai sekolah, nilai UN siswa mendapat nilai akhir minimal 5,5, maka yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus, dan sebaliknya jika kurang dari angka tersebut dinyatakan tidak lulus,” kata Bapak Mathodah lagi. (fdl)